Yuk Intip 5 Tips Memilih Cloud VPS Terbaik Berikut Ini

Bagi Anda yang sedang mencari layanan cloud, khususnya VPS (Virtual Private Server), maka pastikan Anda memperhatikan berbagai aspek agar tidak salah langkah. Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan saat akan memilih cloud VPS terbaik.

  1. Tentukan Tujuan Penggunaan VPS

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan dari penggunaan VPS. Perlu Anda ketahui, VPS tidak hanya digunakan untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja. Namun, banyak hal juga yang bisa dilakukan dengan VPS, misalnya seperti Internet of Things (IOT).

  1. Sesuaikan dengan Rencana Anda ke Depan

Setelah Anda sudah menentukan dari tujuan penggunaan VPS, Anda juga harus memikirkan perencanaan ke depan. Bisnis yang Anda miliki perlu berkembang agar tetap bisa terus berjalan. Maka dari itu, perhitungkan juga apakah terdapat kemungkinan sistem yang akan membutuhkan sumber daya tinggi dalam waktu dekat atau tidak.

Perencanaan tahap ini harus Anda pikirkan secara matang, karena bertujuan untuk menentukan proses migrasi yang mungkin dilakukan. Hal ini dikarenakan proses migrasi VPS terbilang lebih rumit jika dibandingkan dengan shared hosting.

  1. Perhatikan Kapasitas Bandwidth Bulanan

Kebanyakan penyedia layanan cloud VPS akan menentukan batas penggunaan bandwidth di setiap bulannya. Jika penggunaan melebih dari kapasitas yang sudah ditentukan, maka kecepatan akses ke VPS akan berkurang.

Walau begitu, perhitungan kapasitas akan diatur ulang pada setiap bulannya. Saat Anda akan memilih VPS, pastikan Anda tidak perlu membayar untuk kelebihan bandwidth yang dibutuhkan dalam penggunaan normal.

  1. Lihat Teknologi yang Digunakan

Anda juga harus melihat teknologi yang digunakan di dalam layanan VPS yang ditawarkan. Termasuk perangkat lunak apa saja yang didukung. Contohnya saja, versi kernel apa yang dipakai, atau virtualisasi yang digunakan dalam layanan cloud untuk VPS tersebut.

Mengapa harus begitu? Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi kadang tidak mendukung versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi kernel terbaru. Ditambah lagi, semakin baik kinerja dari server, maka secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas SEO (Search Engine Optimization) sebuah situs web.

  1. Managed atau Unmanaged?

Hal ini merupakan salah satu poin penting yang patut Anda perhatikan. Apalagi, jiak Anda belum paham mengenai konfigurasi yang ada di VPS. Biasanya, pihak penyedia layanan hosting menawarkan dua pilihan, yakni unmanaged atau managed.

VPS Managed biasanya memberikan kemudahan bagi para pengguna supaya tidak perlu repot-repot melakukan instalasi, konfigurasi, dan juga maintenance VPS. Maka, pengguna hanya tinggal menggunakannya saja. Apabila  terjadi masalah, maka pihak penyedia layanan VPS akan membantu menyelesaikannya.

Sebaliknya, pada VPS Unmanaged segala bentuk konfigurasi dan juga pengaturan dilakukan oleh pengguna. Pihak penyedia layanan hanya menyediakan VPS dan juga akses di dalamnya. Maka dari itu, Anda perlu menanyakan terlebih dahulu tipe layanan VPS yang ditawarkan.

  1. Dapatkan Informasi Lengkap

Ada baiknya Anda mencari informasi secara lengkap mengenai apa saja batasan saat menggunakan layanan VPS terbaik di penyedia web hosting. Jangan sampai, saat Anda sudah menggunakan layanan tersebut, Anda justru melanggar term of service yang sudah disepakati sebelumnya.

Perlu Anda ketahui, beberapa penyedia layanan web hosting kadang-kadang tidak mengizinkan layanannnya untuk digunakan pada situs perjudian, porno, dan situs yang melanggar hak cipta. Tanpa konfirmasi pada klien, VPS bisa di-suspend atau bahkan dihapus.

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 tips memilih cloud VPS terbaik yang patut Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan cloud, khususnya VPS, Anda bisa menggunakan layanan dari Lintasarta. Lintasarta bisa menjadi solusi IT terbaik bagi perusahaan Anda. Yuk, gunakan layanan cloud dari Lintasarta sekarang juga.