Selain Dada Sebelah Kiri Sakit, Ini 5 Ciri Anda Jantungan

Selain Dada Sebelah Kiri Sakit, Ini 5 Ciri Anda JantunganPenyebab kematian tertinggi di Indonesia salah satunya adalah penyakit jantung. Kurangnya informasi membuat Anda mungkin tak sadar bahwa sedang mengidap penyakit jantung. Gejala yang terlihat kentara mungkin gejala dada sebelah kiri sakit. Agar tak jadi korban berikutnya, kenali 5 gejala penyakit jantung lain berikut sebagaimana dikutip dari laman WebMD.com.

  1. Rasa mual, nyeri pada perut dan pencernaan yang terganggu

Saat mengidap penyakit jantung, Anda sangat mungkin merasakan mual, nyeri pada perut dan pencernaan yang tidak lancar. Anda terkadang juga akan memuntahkan isi perut Anda. Jika rasa tak nyaman ini dibarengi dengan rasa sakit pada dada Anda, jangan dibiarkan begitu saja. Segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter terdekat, sehingga kemungkinan buruk bisa dicegah.

  1. Rasa nyeri pada lengan, terutama lengan sebelah kiri

Penyakit jantung biasanya diatndai dengan rasa nyeri pada bagian lengan sebelah kiri. Sebagaimana dikatakan oleh dr.Charles Chamber, setelah dada sebelah kiri sakit, sakit itu akan  berpindah ke bagian lengan. Terkadang, nyeri pada seluruh bagian lengan malah terasa lebih awal dibandingkan dengan sakit pada bagian dada.

  1. Anda sering merasakan pusing

Pusing bisa disebabkan oleh berbagai hal, contohnya saja jika Anda terlambat makan atau terlalu lelah. Namun jika Anda tiba-tiba sering merasa pusing yang disertai gejala sakit pada dada dan sesak nafas, Anda patut waspada. Rasa pusing tersebut disebabkan oleh rendahnya tekanan darah. Jantung tak bisa memompa darah dengan baik, sehingga asupan oksigen pun menjadi rendah.

  1. Anda terus-menerus batuk

Gejala batuk yang terus-menerus, disertai dengan gejala penyakit jantung lain harus lansung Anda tangani. Perhatikan apakah batuk anda itu mengeluarkan lendir atau tidak. Jika memang mengeluarkan lendir yang berwarna bening atau merah muda, Anda mungkin mengidap gagal jantung. Hal ini terjadi karena darah tak terpompa dengan baik, sehingga kembali ke paru-paru.

  1. Lengan, kaki serta pergelangan kaki membengkak

Saat jantung tak bisa memompa darah dengan baik, alirah darah akan macet dan tak bisa memenuhi tubuh sebagaimana mestinya. Hal ini menyebakan darah terjebak dalam pembuluh balik dan membuatnya membengkak. Anda jangan anggap enteng saat kondisi seperti ini terjadi, apalagi hanya menunggu pembengkakan melisut dengan sendirinya.

Selain bagian kaki dan tangan, bagian tubuh lain juga mungkin untu mengalami pembengkakan. Tak optimalnya jantung bekerja memompa darah akan mempengaruhi kerja ginjal. Kandungan air serta sodium berlebih tak bisa keluar dari tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Jangan menunggu dada sebelah kiri sakit dulu, untuk mengetahui kondisi jantung Anda. Terdapat gejala penyakit jantung lain yang harus Anda selalu monitor. Cari informasi sebanyak mungkin lewat teman atau forum informasi kesehatan yang disediakan oleh Orami.co.id. Hal paling utama tentu saja, periksakan diri Anda ke dokter jika gejala sakit jantung mulai terlihat.